Rektor USU Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun di HUT ke-73 RI

MEDAN-HUMAS USU : 111 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Universitas Sumatera Utara, termasuk Rektor Prof Dr Runtung sitepu, SH, M Hum, mendapatkan anugerah tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya sebagai penghargaan atas dedikasi dan kinerja penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus-menerus, pada momen Upacara Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia yang dilaksanakan di pelataran Gedung biro Rektor USU, Jum’at (17/8). Penyematan Satyalancana Karya Satya 30 tahun untuk Rektor USU dilakukan oleh Ketua Majelis Wali amanat (MWA) USU, Drs H Panusunan Pasaribu di hadapan seluruh civitas akademika USU yang menjadi peserta upacara pada peringatan hari bersejarah tersebut.

Upacara 2018 1

 

Upacara 2018 1Penghargaan tertinggi yang dituangkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia atas karya dan kinerja para PNS tersebut dibagi atas rentang pengabdian 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun diberikan kepada 44 PNS yang berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas ISIP dan Fakultas Ilkom TI USU. Sementara penerima Satyalancana Karya Satya 20 tahun diberikan kepada 20 PNS yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas ISIP, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilkom TI USU. Sedangkan penerima Satyalancana Karya Satya 10 tahun diberikan kepada 47 PNS yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas ISIP, Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilkom TI USU.

Upacara 2018 2Dalam kesempatan itu, Rektor USU membacakan Sambutan Menristekdikti RI yang menyambut gembira berbagai prestasi membanggakan yang diukir oleh para pemuda-pemudi Indonesia, baik dalam bidang olahraga, inovasi, iptek dan bidang-bidang lainnya. Namun demikian, pemanfaatan iptek dan inovasi bagi masyarakat, khususnya oleh pelaku ekonomi dan industri, masih belum optimal. Untuk itu, Menristekdikti menegaskan peran perguruan tinggi sebagai institusi iptek, untuk terus meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, sehingga iptek dan inovasi memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan menjawab seluruh permasalahan negeri ini.

 

Upacara 2018 2

 

Selain itu, Menristek juga menegaskan tantangan yang harus dihadapi belakangan ini, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, dan revolusi Industri 4.0. Ia mengingatkan bahwa untuk menghadapi revolusi industri 4.0 bangsa Indonesia harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation.

Upacara 2018 3Literasi Data merupakan kemampuan mahasiswa untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja, seperti Coding dan Artifical Intelligence, serta prinsip-prinsip teknik rekayasa. Sedangkan Literasi Manusia merupakan sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif. Ketiga literasi baru ini perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

 Upacara 2018 3

 

Untuk menanamkan kemampuan literasi itu, para dosen, guru, maupun tenaga kependidikan juga harus meningkat kualitasnya, terutama pada skills kepemimpinan dan kerja sama tim, kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global, serta mempunyai kemampuan entrepreneurship, termasuk penguasaan social entrepreneurship. Dengan penguatan ini, Menristek yakin bahwa lulusan perguruan tinggi akan mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0 dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki daya saing tinggi.

Upacara 2018 4Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan bersama yang digelar di halaman belakang Gedung Biro Pusat Administrasi USU, yang dirangkaikan pula dengan pemberian piala dan hadiah berupa uang tunai bagi para pemenang perlombaan. Turut pula diramaikan dengan sesi pengundian lucky draw yang hadiahnya telah disediakan oleh para sponsor. (Humas)

Kontak

Sekretariat Majelis Wali Amanat USU
Jl. Universitas No. 42 
Kampus USU Medan 20155
Telp/Fax : (061) - 8210344
Email : mwa@usu.ac.id

Temukan Kami