USU Kukuhkan 981 Wisudawan dalam Wisuda Daring Periode III 2019/2020

MEDAN – HUMAS USU : Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Universitas Sumatera Utara menggelar wisuda daring (dalam jaringan) bagi 981 wisudawan/wisudawati USU periode III tahun akademik 2019/2020 yang ditayangkan secara live di channel youtube usuofficial. Hal ini disebabkan situasi yang belum memungkinkan untuk menggelar pertemuan tatap muka terkait pandemi Covid-19 yang masih berada di titik rawan penyebarannya. Hingga saat ini, lulusan USU tercatat sebanyak 219.059 orang.

Daring p

“Situasi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda memaksa kita harus berlapang dada menerima kenyataan bahwa penyelenggaraan wisuda kali ini harus digelar dengan sistem yang berbeda dari yang biasa kita lakukan, yaitu melalui sistem daring atau online,” kata Rektor pada pembukaan pidatonya yang disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Daring o

Menurutnya, kondisi yang dihadapi saat ini tentu tak mudah untuk dilalui. Begitupun, dalam kondisi dan situasi yang serba terbatas ini, Rektor meminta seluruh civitas akademika USU untuk tetap bersyukur, karena akhirnya dapat melaksanakan wisuda.

Daring e

Ditambahkan Rektor, Universitas Sumatera Utara juga terus bergerak dan berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan melakukan beberapa hal yang menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Di antaranya memberikan bantuan sembako kepada keluarga besar USU dan masyarakat yang membutuhkan, serta bantuan dana pembelajaran daring bagi para mahasiswa.

Daring l

Universitas Sumatera Utara melalui Rumah Sakit USU juga melakukan berbagai upaya maksimal di tengah pandemi, yakni dengan memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien Covid-19. Rumah Sakit USU saat ini telah memiliki laboratorium Swab yang dilengkapi dengan 4 unit PCR untuk melakukan tes Swab bagi pasien Covid-19 dan memiliki ruang isolasi khusus bagi pasien positif Covid-19. Pada tanggal 8 hingga 12 Juni 2020 lalu, Rumah Sakit USU juga telah berkontribusi aktif terhadap penanganan dan antisipasi pandemi dengan menggelar rapid test massal gratis. Hingga saat ini, Rumah Sakit USU terus melakukan upaya-upaya penanganan Covid-19 bekerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun lembaga-lembaga lainnya.

Daring i

“Universitas Sumatera Utara dalam kesempatan ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, serta Perusahaan Swasta dan Lembaga Sosial yang telah memberikan berbagai bantuan mulai dari pengadaan reagensia, Alat Pelindung Diri (APD), makanan dan minuman bagi tim medis serta berbagai bentuk donasi lainnya,” kata Rektor.

Daring f

USU juga terus bergiat dan tidak berhenti dalam melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya kegiatan pendidikan yang berkualitas, menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan inovasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa dan akademisi, serta melahirkan berbagai kebijakan yang berpijak pada percepatan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi dalam berbagai aspek.

Daring g

“Kampus Universitas Sumatera Utara yang ada di Kwala Bekala saat ini sudah dilengkapi dengan gedung baru Fakultas Kehutanan dengan berbagai fasilitas pendukungnya yang siap digunakan. Demikian pula dengan Wisma Internasional yang telah berdiri megah di areal kampus Universitas Sumatera Utara Padang Bulan dan akan segera difungsikan sesuai dengan tujuan pendiriannya,” tambah Rektor.

Daring q

Adapun beberapa pencapaian yang telah berhasil diraih USU antara lain; pada Agustus 2019 USU telah berhasil masuk dalam Klaster I, berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi I Non Vokasi yang dilakukan oleh Kementerian Ristek Dikti. Selain itu, Kinerja di bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat juga mengalami peningkatan . Di bidang penelitian tahun 2019 Lembaga Penelitian USU berhasil memperbaiki peringkatnya dari peringkat 51 pada tiga tahun sebelumnya menjadi peringkat 15, dan mendapat predikat Lembaga Penelitian Mandiri. Demikian juga Lembaga Pengabdian Masyarakat USU berhasil naik dari peringkat 52 menjadi peringkat 7, yang berarti naik 45 peringkat.

Daring k

Selain itu, pada 27 Mei 2020 yang lalu Menristek-BRIN mengumumkan pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA) di mana USU berada di peringkat 5 setelah UI, UGM, ITB dan IPB. Dan 22 orang dosen USU masuk ke dalam 500 peneliti terbaik dalam penilaian tersebut tersebut.

Daring j

Sementara itu, berdasarkan jumlah permohonan Paten ke Ditjend Kekayaan Intelektual Kemenkum-HAM 2019, Universitas Sumatera Utara berada pada peringkat 7 dengan jumlah 96 permohonan dan yang terbit di tahun 2019 sebanyak 35 sertifikat Paten.

Daring s

“Pemeringkatan lainnya yang sangat membanggakan kita semua adalah pemeringkatan berdasarkan jumlah publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Terindex Scopus, di mana pada tahun 2020 ini USU menduduki peringkat 10 dengan jumlah publikasi 5.053,” kata Rektor.

Daring d

Dalam pemeringkatan Webometric, saat ini USU berada di peringkat 8 di Indonesia atau peringkat 1.872 di dunia. USU juga berada di peringkat 160 pada 200 Universitas Top di Asia (Top 200 Universitas di Asia). Dari segi pengelolaan keuangan selama 4 tahun terakhir, Kantor Akuntan Publik memberikan kualifikasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (Humas)

Kontak

Sekretariat Majelis Wali Amanat USU
Jl. Universitas No. 42 
Kampus USU Medan 20155
Telp/Fax : (061) - 8210344
Email : mwa@usu.ac.id

Temukan Kami