Rektor Resmikan Gedung Baru Fakultas Kehutanan USU di Kwala Bekala

MEDAN-HUMAS USU: Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, meresmikan Gedung Fakultas Kehutanan di Kampus Kwala Bekala, Kecamatan Pancurbatu, Deliserdang Sumatera Utara, Rabu (9/9/2020). Penggunaan gedung ini akan menunggu adanya kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait izin pelaksanaan kegiatan akademik secara luring.

IMG 20200911 WA0016 resize 66

Rektor berharap, gedung tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, khususnya setelah pandemi berakhir di mana sistem kuliah akan kembali pada pengajaran tatap muka. Menurutnya, keberadaan gedung Fakultas Kehutanan USU memberikan warna tersendiri, di mana untuk konsep arsitektur diterapkan green building, yang memungkinkan penyerapan cahaya alami sebanyak mungkin dengan bukaan pada segala sisi. Konsep tersebut diyakini dapat meminimalkan penggunaan energi listrik, baik lampu dan pendingin ruangan.

IMG 20200911 WA0007 resize 6

Lebih jauh dikatakannya, kehadiran kampus USU di Kwala Bekala ini akan memberikan dampak positif tidak saja bagi fakultas kehutanan, tapi juga bagi masyarakat di sekitar kampus USU Kwala Bekala ini. Direncanakan, gedung baru akan difungsikan pada pertengahan Januari 2021.

IMG 20200911 WA0011 resize 65

“Kita berharap dengan adanya gedung baru ini, akan semakin menunjang proses perkuliahan, khususnya bagi mahasiswa fakultas kehutanan USU. Pembangunan gedung sesungguhnya bukan menjadi tujuan, melainkan sarana untuk meningkatkan kinerja universitas untuk mendorong USU menjadi universitas kelas dunia, ” ujar Rektor.

WhatsApp Image 2020 09 11 at 7.00.59 PM

Sembari menunggu pengumuman dari Kemendikbud terkait proses belajar-mengajar secara luring, menurut Rektor, USU akan memanfaatkan waktu yang ada untuk menambah kelengkapan fakultas sehingga nantinya bisa dipakai mahasiswa. "Sarana air bersih kita masih menggunakan air bawah tanah, termasuk listrik juga masih dipersiapkan PLN," kata Prof Runtung kepada wartawan.

IMG 20200911 WA0013 resize 15

Didampingi Dekan Fakultas Kehutanan USU, Siti Latifah, S Hut, M Si, Phd, Rektor mengatakan bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran untuk membangun jalan dari Pasar Induk Tuntungan menuju kampus, sehingga memudahkan mahasiswa dalam melakukan aktivitas pembelajarannya.

IMG 20200911 WA0015 resize 88

"Kami sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 18 miliar ke Kementerian PU/PR untuk pembangunan asrama mahasiswa. Nantinya asrama itu diharapkan bisa menampung 50 persen dari total mahasiswa Fakultas Kehutanan USU yang saat ini yang berjumlah 780 orang," sebutnya.

IMG 20200911 WA0008 resize 94

Ditambahkannya, proposal USU dalam pembangunan infrastruktur pendukung menuju fakultas kehutanan telah mendapat respon baik dan positif dari Kementerian PU/PR. ”Saat ini yang jadi kendala adalah sarana jalan, air dan listrik. Seluruh hal tersebut akan segera dituntaskan,” katanya.

IMG 20200911 WA0009 resize 8

Dekan Fakultas Kehutanan, Siti Latifah, S Hut, M Si, Ph D mengatakan, peresmian gedung baru fakultas kehutanan merupakan momen bersejarah bagi segenap civitas akademika fakultas yang dipimpinnya. “Di bawah kepemimpinan Rektor Prof Runtung Sitepu, mimpi fakultas kehutanan memiliki gedung baru sudah terwujud. Untuk itu, kami segenap keluarga besar fakultas kehutanan menyampaikan terima kasih kepada Pak Rektor,” ungkapnya.

IMG 20200911 WA0017 resize 91

Sebelumnya, ia menyebutkan, pembangunan gedung Fakultas Kehutanan sesungguhnya telah termuat sejak lama dalam Rencana Strategis (renstra) USU. Di mana disebutkan pengembangan dan pembangunan kampus di Kwala Bekala dengan pertama kali membangun gedungFakultas Kehutanan. Sebagai fakultas termuda, Fakultas Kehutanan memang memiliki keterbatasan sarana gedung di kampus 1 USU yang ada di kawasan Jalan Dr Mansur Medan, dan masih bergabung dengan Fakultas Pertanian,” sebut Siti Latifah.

IMG 20200911 WA0014 resize 44

Selain mengucapkan terima kasih, ia juga bersyukur karena lingkungan di sekitar gedung fakultas kehutanan sangat nyaman dan asri, serta udaranya masih bersih. ”Lingkungan di sekitar gedung fakultas kehuatan ini sangat mendukung bagi para dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan praktik kuliah,” katanya.

IMG 20200911 WA0012 resize 81

Peresmian gedung baru Fakultas Kehutanan USU tersebut ditandai dengan pembukaan selubung kain yang menutupi nama Fakultas Kehutanan di dinding depan beranda gedung, penandatanganan prasasti peresmian serta penanaman pohon oleh Rektor USU didampingi Sekretaris MWA Prof Guslihan, para wakil rektor dan sejumlah dekan serta pimpinan lembaga dan satuan kerja yang ada di lingkungan USU. (Humas/RJ)