Wisma Internasional USU Siap Memfasilitasi Penempatan Tenaga Pengajar Asing

MEDAN-HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum meresmikan penggunaan Wisma Internasional USU yang berlokasi di jalan Universitas Kampus USU Padang Bulan, Medan, Rabu (9/9/2020). Sekretaris Majelis Wali Amanat USU Prof Dr Guslihan Dasatjipta, Sp A (K), turut mendampingi dalam peresmian, pemotongan rangkaian bunga melati di pintu masuk Wisma Internasional dan penandatanganan prasasti.

WI f

Rektor menyatakan, kehadiran Wisma Internasional yang memiliki 18 kamar ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kinerja universitas guna mendorong kualitas USU secara keseluruhan. Salah satu fungsinya adalah untuk penempatan dosen asing yang akan mengajar di USU.

WI i

“Kita sudah pernah mengirim dosen ke luar negeri untuk memberi kuliah dan mahasiswa juga sudah dikirim ke berbagai universitas untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Maka sekarang kita tinggal menunggu dosen dan mahasiswa asing yang akan datang ke USU. Para dosen asing yang mengajar selama satu semester di USU akan tinggal di sini dan tidak bayar sama sekali. Kita sudah tidak malu lagi untuk menerima mereka karena sudah memiliki sarana dan fasilitas yang memenuhi standar internasional,” ujar Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH M Hum di sela peresmian Wisma Internasional USU, Rabu (9/9/2020).

WI g

Menurut Rektor, dengan renovasi yang dilakukan ini, diharapkan pelayanan sudah memadai dengan fasilitas yang lengkap dan memenuhi kualifikasi. “Sudah tersedia kamar tamu, kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi di dalam, kolam renang dan akan segera disusul dengan fitness centre dan restoran. Ini juga nantinya akan difungsikan menjadi semi bisnis. Kita akan menggandeng kafe yang bagus dan menyewakan beberapa sudut yang strategis untuk keperluan tersebut,” sambung Rektor.

WI h

Akan tetapi, lanjut Rektor, penggunaan Wisma Internasional USU secara efektif baru bisa dilakukan saat pandemi Covid-19 berakhir dan Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk diperbolehkannya kembali menggelar perkuliahan secara luring. “Kalau situasi sudah kondusif untuk kita menggelar kembali kuliah tatap muka, tentu saja Wisma Internasional ini sudah bisa dimanfaatkan sesuai dengan tujuannya,” tandasnya.

WI j

Pada kesempatan tersebut Rektor USU meninjau seluruh fasilitas yang tersedia di Wisma Internasional USU, didampingi Sekretaris MWA USU Prof Dr Guslihan Dasatjipta, Sp A (K), Wakil Rektor II Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), Wakil Rektor III Prof Drs Mahyuddin KM Nasution MIT, Ph D, Wakil Rektor IV Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME dan Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing, MP. (Humas/RJ)